SOFTSKILL, MTOS, LEGENDA, DAN CERITA RAKYAT

Nama  : Della Farisha K
NPM   : 11516789
Kelas   : 1PA09


Saya ditugaskan oleh Ibu Arum Pandan Sari yang merupakan dosen Ilmu Alamiah Dasar dari Universitas Gunadarma, untuk menjelaskan tentang softskill, mitos, legenda, dan cerita rakyat yang sebagaimana berikut ini

Softskill

Softskill jika diartikan menurut bahasa adalah kemampuan lunak. Softskill menurut pandangan saya adalah kemampuan, bakat, keterampilan, atau kecerdasan khusus yang ada di setiap diri seseorang. Softskill, memiliki lawan hardskill yang memiliki arti kemampuan teknik yang didapatkan dari pendidikan formal, bisa diartikan kemampuan atau kecerdasan yang bisa didapatkan dengan pengalaman yang telah dialami maupun pengalaman yang sedang dilakukan sekarang ataupun pelatihan khusus (pendidikan non-formal). Pengalaman yang didapatkan dapat dijadiakan pembelajaran yang membuat seseorang menjalankan perannya secara lihai dan tidak kaku. Softskill dapat berupa kelihaian dalam berkomunikasi, mengolah informasi, ke-kreatif-an dalam memecahkan masalah, dan segala keahlian yang tidak didapatkan saat belajar sesuai kurikulum.
Fungsi softskill
-       Meningkatkan kepercayaan diri.
-       Berpartisipasi dalam tim.
-       Menjaga berarti percakapan (basa-basi).
-       Membangun kepercayaan dengan orang lain.
-       Dapat menggunakan kemampuan memecahkan masalah.


Mitos

Mitos adalah cerita rakyat yang bersifat simbolik yang tokohnya para dewa atau setengah dewa yang terjadi di dunia lain (khayangan) atau terjadi di bumi pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh masyarakat setempat yang mendukung untuk meneruskan dan menstabilkan kebudayaan, memberikan petunjuk hidup, melegalisir aktivitas kebudayaan, pemberian makna hidup dan pemberian model pengetahuan untuk menjelaskan hal-hal yang sulit dijelaskan dengan akal pikiran.

Contoh mitos: calon pengantin perempuan dilarang keras keramas ketika dekat hari H
Makna: katanya supaya tidak turun hujan deras ketika resepsi berlangsung yang bisa mengacaukan acara.
Makna sebenarnya: calon pengantin perempuan dilarang membasahi rambutnya (keramas) karena rambut yang akan disanggul itu dikeramasi maka tekstur rambut jadi halus dan lembek ini menyulitkan si penata rambut memasang sanggul.


Legenda

Legenda adalah cerita rakyat yang tokohnya manusia yang terjadi di bumi pada masa lampau dan dianggap benar-benar oleh masyarakat pendukungnya. Oleh karena itu, Legenda seringkali dipandang sebagai sejarah kolektif (folkstory).
Contoh legenda: ”Asal Mula Nama Banyuwangi”, ”Roro Jongrang”, ”Tangkuban Perahu”, ”Asal Mula nama Tengger dan Terjadinya Gunung Batok” serta “asal mula nama kota Bogor”.


Cerita Rakyat

Cerita rakyat atau dongeng merupakan suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya. Dongeng juga merupakan dunia hayalan dan imajinasi dari pemikiran seseorang yang kemudian diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Terkadang kisah dongeng bisa membawa pendengarnya terhanyut ke dalam dunia fantasi, tergantung cara penyampaian dongeng tersebut dan pesan moral yang disampaikan. Kisah dongeng yang sering diangkat menjadi saduran dari kebanyakan sastrawan dan penerbit, lalu dimodifikasi menjadi dongeng modern.
Contoh cerita rakyat: “Lutung Kasarung”, ” Bawang Merah dan Bawang Putih”.




Saya yang selama 18 tahun menempati Cilegon yang lokasinya dekat dengan Suku Baduy pernah mendengar satu mitos yang beredar. Mitos dari Suku Baduy di Banten yaitu tidak memperbolehkan pengambilan 
gambar, memakai sabun, pemakaian gadget, dan lainnya. Jika peraturan dilanggar, turis akan tertimpa hal buruk. Menurut saya makna mitos itu merupakan cara Suku Baduy menjaga linkungan alam sekitar mereka dan sebagai turis harus mengikuti aturan-aturan tersebut.


Sekian.






Referensi:
http://hiddengrazz.blogspot.co.id/2010/09/pengertian-softskill-penjelasannya.html
http://septianludy.blogspot.co.id/2014/07/manfaat-soft-skill.html
http://cakrawalaunik.blogspot.co.id/2013/11/perbedaan-mitos-legenda-dan-dongeng.html
https://lianurbaiti.wordpress.com/2013/03/30/pengertian-dan-perbedaan-mitos-legenda-dan-cerita-rakyat/
http://aliefsyahru.blogspot.co.id/2012/03/pengertian-mitos-legenda-dan-cerita.html
https://bangungunanto.wordpress.com/2012/03/26/beberapa-contoh-mitos-legenda-dan-cerita-rakyat/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JK ROWLING ADALAH PENULIS YANG BERBAKAT DAN KREATIF

PEMBAGIAN WILAYAH BERDASARKAN IKLIM DAN TEORI EVOLUSI LAMARCK

Review Daylio: Mood Tracker and Micro-Diary