Review Daylio: Mood Tracker and Micro-Diary

Kelompok 3
Della Farisha K (11516789)
Fauziah Purnamawati (12516733)
Rendy Nur Rinaldy (16516187)


BAB I
PENGANTAR

A.      Daylio
Daylio adalah aplikasi yang dirilis oleh perusahaan Habitics. Daylio adalah aplikasi jurnal pribadi berbasis micro-diary yang dapat mencatat suasana hati dan tambahkan aktivitas yang telah lakukan pada satu hari, dapat membantu membuat target dan mengevaluasi melalui grafik bulanan. Daylio memudahkan pengguna untuk memilih suasana hati dan aktivitas yang dilakukan pengguna.
Daylio mengumpulkan suasana hati dan kegiatan yang tersimpan dalam statistik dan kalender. Format ini akan membantu pengguna memahami kebiasaan dengan lebih baik. Daylio dapat memantau aktivitas pengguna dan menciptakan pola untuk menjadi lebih produktif. Daylio dapat digunakan untuk seseorang yang mengalami gangguan kecemasan, depresi untuk mencatat perasaan harian pengguna dengan cepat untuk intervensi psikologis. Daylio juga dapat digunakan untuk seseorang yang mengalami gangguan perilaku, dengan fitur targetnya penguna dapat menentukan perilaku apa yang akan dibentuk atau perilaku yang ingin dihilangkan.
B.       Psikologi Warna
Ketika cahaya menyinari objek berwarna, objek hanya akan menyerap panjang gelombang yang persis sesuai dengan struktur atomnya sendiri dan memantulkan sisanya - yang kita lihat. Ketika cahaya menyentuh mata manusia, panjang gelombang melakukannya dengan cara yang berbeda, mempengaruhi persepsi kita. Di retina, cahaya diubah menjadi impuls listrik yang masuk ke hipotalamus, bagian otak yang mengatur hormon kita dan sistem endokrin kita. Meskipun kita tidak menyadarinya, mata dan tubuh kita terus beradaptasi dengan panjang gelombang cahaya ini.
Warna adalah energi dan fakta bahwa warna memiliki efek fisik pada manusia telah terbukti berulang kali dalam eksperimen - terutama ketika orang buta diminta untuk mengidentifikasi warna dengan ujung jari mereka dan semuanya dapat melakukannya dengan mudah. Psikologi warna adalah mengenai efek warna pada manusia yang disebabkan oleh energi warna memasuki tubuh kita. Orang buta warna juga peka terhadap psikologi warna.
 Kesebelas warna dasar memiliki sifat psikologis mendasar yang universal, terlepas dari warna, nada atau warna tertentu yang seseorang gunakan. Masing-masing dari kesebelas warna tersebut memiliki efek psikologis positif atau negatif dan yang mana dari efek ini dibuat tergantung pada hubungan dalam kombinasi warna. Sebelas warna dasar tersebut adalah mearh, biru, kuning, hijau, ungu, oranye, merah muda, abu-abu, hitam, putih, dan coklat.
Warna dalam banyak kasus dapat digunakan sebagai sarana yang efektif untuk menyampaikan pesan yang mendasarinya. Alasannya karena warna sebagai komunikator jauh lebih objektif daripada yang dipikirkan.



BAB II
PEMBAHASAN

A.      Review Logo Daylio
Memiliki logo bergambar wajah dengan  latar warna berwarna hijau, warna abu-abu, dan biru. Hijau secara umum memiliki arti keseimbangan. Secara positif hijau  juga berarti penyegaran, istirahat, dan pemulihan. Biru berarti kecerdasan, komunikasi, kepercayaan, efisiensi, ketenangan, tugas, logika, kesejukan, refleksi, tenang. Abu-abu berarti netralitas psikologis. Emoticon senyum berarti seseorang yang tersemyum.
Menurut kami logo berarti Daylio ingin membuat penggunanya untuk mendapat cerdas dalam mengatur keseimbangan dalam hal perasaan sehingga muncul netralitas psikologis.
B.       Review Warna Daylio
Secara keseluruhan warna dari aplikasi Daylio adalah ungu dan putih. Ungu secara positif berarti di antaranya kesadaran spiritual, keaslian, kebenaran, dan kualitas. Putih berarti kejernihan, kebersihan, kesederhanaan, kecanggihan, dan efisiensi.
Berdasarkan teori di atas dapat kami simpulkan bahwa Daylio berusaha membuat kesedarhanaan dalam membuat jurnal harian atau intervensi untuk seseorang dengan gangguan psikologis.

C.      Review Emoticon Daylio
Daylio menggunakan emoticon untuk mencatat perasaan penggunanya. Penggunaan emoticon menurut kami secara eksplisit Daylio ingin agar penggunaya dimudahkan dengan emoticon yang sering ditemui oleh pengguna di gadget-nya. Sehingga pengguna bisa dengan cepat memilih perasaan yang sedang dialami meski tidak melihat tulisan yang ada dibawah emoticon.
D.      Review Logo Aktivitas Daylio
Daylio juga mengukan logo-logo yang lepas dari ikatan budaya sehingga dapat digunakan dengan pengguna dari berbagai macam latar belakang budaya. Bagian bawah logo terdapat arti dari logo tersebut yang dapat disunting sesuai dengan aktivitas yang biasa pengguna lakukan.











E.       Review Pencapaian Daylio
Menurut kami Daylio membuat logo-logo reward pencapaian yang bermaksud agar penggunanya semakin semangat dalam mencatat perubahan dalam perasaan dan perilaku ke arah positif sehingga semakin sering menggukan Daylio.





F.       Review Satistik Daylio
Pada aplikasi Daylio ini terdapat fitur statistik, yang berupa perhitungan mood/suasana hati dengan penggambaran melalui emoticon. Ada perhitungan harian serta bulanan. Dimulai dari emoticon berwarna oranye (emoticon buruk) sampai emoticon berwarna hijau (emoticon bahagia). Selain itu juga terdapat perhitungan kegiatan.

G.      Review Entri Daylio
Dalam fitur ini pengguna bisa melihat keadaan mood/suasana hati beserta kegiatannya pada hari-hari yang telah lalu dengan penggambaran melalui emoticon dan logo pada aktivitas. Tanda “+” berarti menambahkan  mood/suasana hati dan aktivitas sesuai dengan apa yang telah dilalui oleh pengguna.
H.      Review Kalender Daylio
Fitur kalender untuk melihat perhitungan  mood setiap harinya, disitu terdapat warna yang berbeda2 dan memiliki arti yg berbeda2 juga sesuai mood yang sudah di-entri. Bagian bawah terdapat total jumlah mood dalam sebulan.




I.         Review Pilihan Lebih Daylio
Pada pilihan “Lebih” pada Daylio berisi tentang pengaturan-pengaturan aplikasi dan laporan. Pengaturan beruapa pengingat kegiatan, hingga sunting mood dan sunting kegiatan.




J.        Review Laporan Daylio
Pada laporan, Daylio menampilkan rata-rata mood yang dirasakan pengguna dan aktivitas yang sering dilakukan selama seminggu. Suasana hati mingguan yang dibandingkan minggu sekarang dengan minggu lalu menggunakan diagram batang. Laporan mingguan juga disajikan dalam bentuk diagram garis sehingga terlihat perubahan mood/suasana hati dari pengguna setiap hari nya menurun atau meningkat.








DAFTAR PUSTAKA

Wright, A. (2004). Psychology color: the color affect system. Surrey: Oki Printing Solutions.



Link video mengenai Daylio : DAYLIO
Link video power point presentasi kami di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JK ROWLING ADALAH PENULIS YANG BERBAKAT DAN KREATIF

PEMBAGIAN WILAYAH BERDASARKAN IKLIM DAN TEORI EVOLUSI LAMARCK