SIKAP KERJA

Nama               : Della Farisha Khawarizmi
NPM               : 11516789
Kelas               : 2PA13
Mata Kuliah    : Psikologi Industri & Organisasi

Dosen              : Bayu Kurniawan



Kembali memposting untuk kepentingan tugas kuliah. Kali ini saya akan membahas mengenai sikap kerja yang merupakan tugas, mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi.

A.     Definisi Sikap
Sikap adalah pernyataan evaluatif – baik yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan – terhadap objek, individu, atau peristiwa. Hal ini mencerminkan bagaimana perasaan seseorang dengan sesuatu. Sikap dapat berubah dan dapat dipengaruhi, dapat dibina dalam berbagai bidang kehidupan.


B.     Komponen Sikap
Dari Walgito (2001), mengungkapkan bahwa sikap mengandung tiga komponen yang membentuk strukur sikap. Tiga komponen itu diuraikan di bawah ini.
1.    Komponen kognitif (komponen perseptual) → komponen yang berkaitan dengan pengetahuan, pandangan, keyakinan, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana orang mempresepsi terhadap obyek sikap.
2.    Komponen afektif (komponen emosional) → komponen yang berhubungan dengan rasa senang tau tidak senang terhadap suatu obyek sikap.
3.    Komponen konatif (komponen perilaku atau action component) → komponen yang berhubungan dengan kecenderungan bertindak atau berperilaku terhadap obyek sikap.


C.     Definisi Sikap Kerja
Sikap kerja adalah keyakinan-keyakinan yang mengandung aspek kognitif, behavior, dan afektif yang merupakan kesiapan metal psikologi untuk mereaksi dan bertindak secara positif atau negatif terhadap suatu objek. Dalam sikap kerja yang mempengaruhi dalam kinerja kerja ada 3 yaitu :
·  sikap terhadap organisasi,
·  sikap terhadap pekerjaan, dan
·  sikap terhadap rekan kerja.

Berikut ini uraian sikap kerja yang mempengaruhi dalam kinerja kerja.

1.        Sikap terhadap organisasi
Sikap terhadap organisasi adalah komitmen untuk terus bertahan di dalam suatu organisasi atau pekerjaan. Komitmen tersebut berupa ikatan antara seseorang dengan organisasi. Komitmen dalam organisasi disebutkan di bawah sebagai berikut.
·  Affective comitmen → seorang karyawan yang bertahan dalam suatu organisasi karena memang suka dengan organisasi tersebut.
·  Continuance Comitmen → seorang karyawan yang bertahan dalam suatu oraganisasi karena mengganggap jika ia keluar dari oraganisasi tersebut akan membuat ia mengeluarkan banyak dana.
·  Normative Comitmen → seorang karyawan yang bertahan dalam suatu organisasi karena tanggung jawab sosial (balas budi).

2.        Sikap terhadap perkerjaan
Sikap terhadap pekerjaan adalah saat seseorang bekerja di satu bidang yang benar-benar ia senangi maka kinerja orang tersebut akan baik karena didorong oleh rasa nyaman dan kepuasan dalam bekerja. Tetapi, saat seseorang bekerja di bidang yang tidak ia senangi maka akan membuat kinerja orang tersebut tidak maksimal.

3.        Sikap terhadap rekan kerja
Sikap terhadap rekan kerja di pengaruhi oleh prasangka. Prasangka itu sendiri adalah sebuah sikap yang biasanya bersifat negatif terhadap suatu kelompok sosial tertentu yang semata-mata bedasarkan keangotaan mereka dalam anggota kelompok sosial. Perwujudan prasangka adalah dengan diskriminasi. Diskriminasi adalah sikap negatif terhadap suatu anggota organisasi yang menjadi objek prasangka. Sikap seperti itu mempengaruhi kinerja seseorang karena dengan adanya diskriminasi maka akan menimbulkan rasa iri antara satu individu dengan individu lainnya yang dapat mempegaruhi kinerja.



Sekian pembahasan sikap kerja dari saya, mohon maaf atas segala kekurangan atau kesalahan yang tertulis. Terima kasih.










Referansi: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JK ROWLING ADALAH PENULIS YANG BERBAKAT DAN KREATIF

PEMBAGIAN WILAYAH BERDASARKAN IKLIM DAN TEORI EVOLUSI LAMARCK

Review Daylio: Mood Tracker and Micro-Diary