SIKAP KERJA
Nama : Della Farisha Khawarizmi
NPM : 11516789
Kelas : 2PA13
Mata Kuliah :
Psikologi Industri & Organisasi
Dosen :
Bayu Kurniawan
A.
Definisi Sikap
Sikap adalah pernyataan
evaluatif – baik yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan – terhadap objek,
individu, atau peristiwa. Hal ini mencerminkan bagaimana perasaan seseorang
dengan sesuatu. Sikap dapat berubah dan dapat dipengaruhi, dapat dibina dalam
berbagai bidang kehidupan.
B.
Komponen Sikap
Dari Walgito (2001),
mengungkapkan bahwa sikap mengandung tiga komponen yang membentuk strukur
sikap. Tiga komponen itu diuraikan di bawah ini.
1. Komponen
kognitif (komponen perseptual) → komponen yang berkaitan dengan pengetahuan,
pandangan, keyakinan, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana orang
mempresepsi terhadap obyek sikap.
2. Komponen
afektif (komponen emosional) → komponen yang berhubungan dengan rasa senang tau
tidak senang terhadap suatu obyek sikap.
3. Komponen
konatif (komponen perilaku atau action
component) → komponen yang berhubungan dengan kecenderungan bertindak atau
berperilaku terhadap obyek sikap.
C.
Definisi Sikap Kerja
Sikap kerja adalah
keyakinan-keyakinan yang mengandung aspek kognitif, behavior, dan afektif yang
merupakan kesiapan metal psikologi untuk mereaksi dan bertindak secara positif
atau negatif terhadap suatu objek. Dalam sikap kerja yang mempengaruhi dalam
kinerja kerja ada 3 yaitu :
· sikap
terhadap organisasi,
· sikap
terhadap pekerjaan, dan
· sikap
terhadap rekan kerja.
Berikut ini uraian sikap kerja yang mempengaruhi dalam kinerja kerja.
Berikut ini uraian sikap kerja yang mempengaruhi dalam kinerja kerja.
1.
Sikap
terhadap organisasi
Sikap terhadap
organisasi adalah komitmen untuk terus bertahan di dalam suatu organisasi atau
pekerjaan. Komitmen tersebut berupa ikatan antara seseorang dengan organisasi.
Komitmen dalam organisasi disebutkan di bawah sebagai berikut.
· Affective comitmen
→ seorang karyawan yang bertahan dalam suatu organisasi karena memang suka
dengan organisasi tersebut.
· Continuance Comitmen
→ seorang karyawan yang bertahan dalam suatu oraganisasi karena mengganggap
jika ia keluar dari oraganisasi tersebut akan membuat ia mengeluarkan banyak
dana.
· Normative Comitmen →
seorang karyawan yang bertahan dalam suatu organisasi karena tanggung jawab
sosial (balas budi).
2.
Sikap
terhadap perkerjaan
Sikap terhadap
pekerjaan adalah saat seseorang bekerja di satu bidang yang benar-benar ia
senangi maka kinerja orang tersebut akan baik karena didorong oleh rasa nyaman
dan kepuasan dalam bekerja. Tetapi, saat seseorang bekerja di bidang yang tidak
ia senangi maka akan membuat kinerja orang tersebut tidak maksimal.
3.
Sikap
terhadap rekan kerja
Sikap terhadap rekan kerja di pengaruhi oleh
prasangka. Prasangka itu sendiri adalah sebuah sikap yang biasanya bersifat
negatif terhadap suatu kelompok sosial tertentu yang semata-mata bedasarkan
keangotaan mereka dalam anggota kelompok sosial. Perwujudan prasangka adalah
dengan diskriminasi. Diskriminasi adalah sikap negatif terhadap suatu anggota
organisasi yang menjadi objek prasangka. Sikap seperti itu mempengaruhi kinerja
seseorang karena dengan adanya diskriminasi maka akan menimbulkan rasa iri
antara satu individu dengan individu lainnya yang dapat mempegaruhi kinerja.
Sekian pembahasan sikap kerja dari saya, mohon maaf atas segala kekurangan atau kesalahan yang tertulis. Terima kasih.
Referansi:
Komentar
Posting Komentar