Efektivitas Penggunaan Jalan Raya Margonda Setelah Adanya Contra Flow saat Rush Hour

Artikel ini ditulis dengan tujuan memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia 2


Sistem contra flow atau melawan arus sudah diberlakukan di Jalan Margonda Raya sejak 13 Maret 2017 lalu. Rekayasa lalu lintas ini diberlakukan untuk mengurangi kemacetan di Jalan Raya Margonda, Depok ke arah Jakarta atau sebaliknya saat rush hour atau pukul 06.00-08.00 dan 16.00-18.00.

Pada pagi hari, sebagian Jalan Margonda arah Citayam akan digunakan untuk lalu lintas kendaraan yang mengarah ke Jakarta. Pada sore hari, giliran sebagian Jalan Margonda dari arah Jakarta yang digunakan untuk lalu lintas kendaraan ke arah Citayam.

Titik kemacetan biasanya terlihat di lampu merah, pertigaan Jalan Margonda menuju arah Juanda. Ruas badan lajur itu menyempit karena sebagian badan jalan digunakan pengendara dari Juanda ke Margonda sebagai konsekuensi pemberlakuan contra flow.

Dengan harapan kemacetan yang berkurang, pengguna Jalan Raya Margonda dapat cepat sampai tujuan. Tetapi bertolak bekang dengan harapan itu, sejak hari petamanya rekayasa lalu lintas ini arus kendaraan justru tersendat dari arah berlawanan saat contra flow diberlakukan.

Memang adanya contra flow ini cukup efektif bagi pengguna jalan ke arah Jakarta di pagi hari atau arah Citayam di sore hari, tetapi tidak setiap rush hour diberlakukannya contra flow di Jalan Margonda Raya. Batas jalur contra flow juga sering kali berubah. Polisi akan membuka jalur contra flow jika jalanan di Margonda cukup padat. Akibatnya pengguna Jalan Margonda Raya sering kali kecelakaan kecil, seperti terjatuh karena menabrak traffic cone.

Jadi, kepada Anda jika akan melewati Jalan Raya Margonda harus lebih hati-hati karena diberlakukannya contra flow hanya akan ada saat jalanan di sekitar Margonda padat. Terutama kepada Anda yang melawan arah contra flow.



Penulis : Della Farisha K.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JK ROWLING ADALAH PENULIS YANG BERBAKAT DAN KREATIF

PEMBAGIAN WILAYAH BERDASARKAN IKLIM DAN TEORI EVOLUSI LAMARCK

Review Daylio: Mood Tracker and Micro-Diary